Rabu, 03 November 2010

 PEMASARAN

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
 PENGERTIAN PENGERTIAN
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
o Penjualan
o Perdagangan
o Distribusi
 PENCIPTAAN FAEDAH BAGI KONSUMEN
Pemasaran adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi.sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu – individu. Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan ekonomi adalah :
o Produksi yang membuat barang – barang
o Konsumsi yang menggunakan barang – barang tersebut
Faedah ( untility ) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan 5 macam faedah , yakni :
1. Faedah bentuk ( form untility )
2. Faedah waktu ( time untility )
3. Faedah tempat ( place untiliy )
4. Faedah milik ( ownership untility )
5. Faedah informasi ( informasion untility )
Dari 5 faedah tersebut pemasaran menciptakan 4 faedah yaitu : faedah waktu, tempat, milik, dan informasi.

 KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran ( marketing concept ) adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.
 PENDEKATAN STUDI PEMASARAN
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan , yaitu :
• Pendekatan serba fungsi ( funcional approach )
• Pendekatan serba lembaga ( institutional approach )
• Pendekatan serba barang ( commodity approach)
• Pendekatan serba manajemen ( managerial approach)
• Pendekatan serba sistem ( total system approach )

 Pendekatan serba fungsi ( funcional approach )

Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan. Adapun fungsi pokok pemasaran adalah :
1) Penjualan
2) Pembelian
3) Pengangkutan
4) Penyimpanan
5) Pembelanjaan
6) Penangungan resiko
7) Standardisasi dan grading
8) Pengumpulan informasi pasar


 Pendekatan serba lembaga ( institutional approach )
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi / lembaga yang terlibat dalam pemasaran.
 Pendekatan serba barang
Pendekatan serba barang atau disebut juga pendekatan industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang – barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industry.
 Pendekatan serba manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik – beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
 Pendekatan serba sistem
Pendekatan serba sistem atau pendekatan sistem total ini mencakup elemen – elemen yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempat pendekatan di muka.





 STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Untuk mengatur kegiatan dengan baik, manajer harus menentukan komposisi struktur organisasinya. struktur organisasi pemasaran bagi perusahaan tidak selalu sama dengan perusahaan lainnya,tergantung pada kondisi yang ada maupun tujuan yang dicapai.
Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokan kedalam 2 sub yakni :
• Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang
• Sub bagian penjualan umum
Kepala Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat penunjang bertanggung jawab :
1. Perencanaan dan perdagangan
2. Periklanan
3. Riset pemasaran
4. Analisis dan pengawasan penjualan
5. Anggaran penjualan
6. Peramalan penjualan
7. Perencanaan saluran, teritorial,dan kouta
8. Pengawasan pesediaan
9. Penjadwalan produksi
10. Distribusi fisik
Sub bagian penjualan umum
Kepala Sub bagian penjualan umum bertanggung jawab terhadap masalah – masalah :
1. Penjualan lapangan
2. Kegiatan kantor penjualan termasuk servis langganan dan servis barang
 PASAR
 Pengertian pasar
Pasar adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk belanja ,dan kemauan untuk membelanjakannya
Dari definisi diatas dapatlah diketahui 3 unsur penting yang terdapat dalam pasar yaitu :
• Orang dengan segala keinginanya
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakan uangnya


 Macam – macam pasar
1. Pasar konsumen
2. Pasar industry
3. Pasar penjual
4. Pasar pemerintah
 Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat homogen.
 Pengertian marketing mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk,struktur harga, kegiatan promosi , dan sistem distribusi.
 Pengertian barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
 Penggolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritannya
Penggolongan barang ini menunjukan berapa kali sebuah barang dapat digunakan apakah sekali , dua kali , atau beberapa kali atau sekian banyak kali . selain itu penggolongan tersebut juga menunjukan kongkrit – tidaknya suatu barang, sehingga barang – barang di bagi ke dalam : (1) Barang tahan lama (2) barang tidak tahan lama (3) jasa
 Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian oleh si pemakai
Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian oleh si pemakai ini banyak digunakan karena sangat praktis, dalam hal ini , barang dapat digolongkan kedalam 2 jenis , yaitu: (1) barang konsumsi (2) barang industri
 Siklus kehidupan barang ( product life cycle )
Seperti halnya manusia, barang juga memiliki siklus kehidupan yang terdiri atas beberapa tahap sejak barang diperkenalkan sampai tidak lagi ; ini disebut siklus kehidupan barang
Tahapan – tahapan tersebut adalah :
1) Tahap perkenalan
2) Tahap pertumbuhan
3) Tahap kedewasaan dan kejenuhan
4) Tahap kemunduran
 Merk
Merk atau brand adalah tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual untuk membedakannya dari barang – barang yang di hasilkan oleh pesaing
 Saluran pemasaran
 Pengertian saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen.
Lembaga – lembaga yang ikut mengambil bagian dalam penyaluran adalah : produsen, perantara,dan konsumen akhir.
 Alternatif saluran distribusi untuk barang konsumsi dan barang industri
Suatu barang dapat berpindah melalui beberapa tangan sejak dari produsen sampai kekonsumen. Ada beberapa saluran distribusi yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang – barang yang ada, baik melalui perantara maupun tidak
 Saluran distribusi ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi. Faktor – faktor tersebut antara lain :
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pasar yang dituju
 Perantara saluran
Dalam operasinya,perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran,seperti :
Penyimpanan , pengangkutan,dan sebagainya.
Adapun jenis – jenis perantara adalah :
1. Pedagang besar
2. Pengecer
3. Agen
 Jumlah perantara dalam saluran
Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang akan dipakai, masalah yang dihadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara untuk ditempatkan sebagai perantara pada tingkat perdagangan besar / pedagangan eceran. Dalam hal ini, produsen mempunyai 3 alternatif yang dapat ditempuh , yaitu :
1. Distribusi intensif
2. Distribusi selektif
3. Distribisi eksklusif
 Distribusi fisik
Istilah distribusi fisik dipakai untuk menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat yang dapat dilakukan untuk memaksimumkan kesempatan pada volume penjualan yang menguntungkan. Bagi produsen kegiatan ditribusi fisik ini tidak hanya meliputi pemindahan barang jadi akhir proses produksi sampai ke konsumen akhir.tetapi juga menyangkut arus bahan baku dari suatu sumber sampai pada kahir proses produksi.
Pada pokoknya,2 masalah penting yang terdapat dalam kegiatan ditribusi fisik ini adalah :
• Pengangkutan
• penyimpanan
 PENENTUAN HARGA
 ARTI DAN PENTINGNYA HARGA
Dalam perekonomian sekarang ini, pertukaran/ jual beli tidak lagi dilakukan dengan cara ‘barter.’ Tetapi dilakukan dengan cara membayar dengan suatu alat yang dapat disebut juga dengan uang,kadang – kadang uang juga bisa dikatakan dengan sejumlah nilai tukar.penjual akan menerima uang dari pembeli dan sebaliknya pembeli juga memberikan sejumlah uang kepada penjual.
 Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat harga
Dalam kenyataan, tingkat harga yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :
1. Kondisi perekonomian
2. Penawaran dan permintaan
3. Elastisitas permintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan manajer
7. Pengawasan pemerintah
 Metode – metode penetapan harga
Ada 2 pendekatan pokok dalam penentuan harga jual, yaitu :
1. Pendekatan biaya ( penetapan biaya plus.penetapan harga markup dan penetapan harga breakeven )
2. Pendekatan pasar / persaingan
 Politik penetapan harga
Penetapan harga bagi perusahaan yang besar sering melibatkan beberapa manajer, yaitu:
Manajer produk, Manajer penjualan,dan manajer lain 4 politik penentapan harga adalah :
1. Penetapan harga psikhologis
2. Price lining
3. Potongan harga
4. Penetapan harga geografis

 PROMOSI DAN PERIKLANAN
 Promosi
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.promosi juga sering diktakan ‘’ proses berlanjut ‘’
Promosi dipandang sebagai :
Arus informasi atau persuasi satu – arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
• Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non- individu.dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan,lembaga non laba,serta individu – individu
Adapun masalah – masalah selanjutnya yang akan dibahas disini adalah
o Tujuan periklanan
o Jenis periklanan
o Media periklanan
o Biro periklanan
 PERSONAL SELLING,PROMOSI PENJUALAN,DAN PUBLISITAS
• Personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka ditunjukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan dengan pihak lain.
Permasalahan yang akan dibahas dalam personal salling adalah
o Proses personal selling
o Jenis tugas penjualan dan salesman.
• promosi penjualan
promosi penjualan ini merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama – sama menggunakan kata ‘’promosi‘’ promosi penjualan adalah salah satu kegiatan dalam promosi.dalam promosi penjualan ini perusahaan menggunakan alat – alat seperti : peragaan,pameran,demonstrasi,hadiah,contoh barang,dan sebagainya

• publisitas
publisitas sama dengan periklanan,publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.namum informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berita,hal ini dapat kita jumpai dalam media – media seperti surat kabar,majalah,televise dan sebagainya.biasanya,individu atau lembaga yang mempublisitaskan tidak mengeluarkan biaya dan tidak dapat mengawasi beritanya.


 PEMASARAN
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
 PENGERTIAN PENGERTIAN
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
o Penjualan
o Perdagangan
o Distribusi
 PENCIPTAAN FAEDAH BAGI KONSUMEN
Pemasaran adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi.sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu – individu. Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan ekonomi adalah :
o Produksi yang membuat barang – barang
o Konsumsi yang menggunakan barang – barang tersebut
Faedah ( untility ) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan 5 macam faedah , yakni :
1. Faedah bentuk ( form untility )
2. Faedah waktu ( time untility )
3. Faedah tempat ( place untiliy )
4. Faedah milik ( ownership untility )
5. Faedah informasi ( informasion untility )
Dari 5 faedah tersebut pemasaran menciptakan 4 faedah yaitu : faedah waktu, tempat, milik, dan informasi.

 KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran ( marketing concept ) adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.
 PENDEKATAN STUDI PEMASARAN
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan , yaitu :
• Pendekatan serba fungsi ( funcional approach )
• Pendekatan serba lembaga ( institutional approach )
• Pendekatan serba barang ( commodity approach)
• Pendekatan serba manajemen ( managerial approach)
• Pendekatan serba sistem ( total system approach )

 Pendekatan serba fungsi ( funcional approach )

Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan. Adapun fungsi pokok pemasaran adalah :
1) Penjualan
2) Pembelian
3) Pengangkutan
4) Penyimpanan
5) Pembelanjaan
6) Penangungan resiko
7) Standardisasi dan grading
8) Pengumpulan informasi pasar


 Pendekatan serba lembaga ( institutional approach )
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi / lembaga yang terlibat dalam pemasaran.
 Pendekatan serba barang
Pendekatan serba barang atau disebut juga pendekatan industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang – barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industry.
 Pendekatan serba manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik – beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
 Pendekatan serba sistem
Pendekatan serba sistem atau pendekatan sistem total ini mencakup elemen – elemen yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempat pendekatan di muka.





 STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Untuk mengatur kegiatan dengan baik, manajer harus menentukan komposisi struktur organisasinya. struktur organisasi pemasaran bagi perusahaan tidak selalu sama dengan perusahaan lainnya,tergantung pada kondisi yang ada maupun tujuan yang dicapai.
Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokan kedalam 2 sub yakni :
• Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang
• Sub bagian penjualan umum
Kepala Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat penunjang bertanggung jawab :
1. Perencanaan dan perdagangan
2. Periklanan
3. Riset pemasaran
4. Analisis dan pengawasan penjualan
5. Anggaran penjualan
6. Peramalan penjualan
7. Perencanaan saluran, teritorial,dan kouta
8. Pengawasan pesediaan
9. Penjadwalan produksi
10. Distribusi fisik
Sub bagian penjualan umum
Kepala Sub bagian penjualan umum bertanggung jawab terhadap masalah – masalah :
1. Penjualan lapangan
2. Kegiatan kantor penjualan termasuk servis langganan dan servis barang
 PASAR
 Pengertian pasar
Pasar adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk belanja ,dan kemauan untuk membelanjakannya
Dari definisi diatas dapatlah diketahui 3 unsur penting yang terdapat dalam pasar yaitu :
• Orang dengan segala keinginanya
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakan uangnya


 Macam – macam pasar
1. Pasar konsumen
2. Pasar industry
3. Pasar penjual
4. Pasar pemerintah
 Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan pasar ( segmen pasar ) yang bersifat homogen.
 Pengertian marketing mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk,struktur harga, kegiatan promosi , dan sistem distribusi.
 Pengertian barang
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
 Penggolongan barang menurut tingkat pemakaian dan kekongkritannya
Penggolongan barang ini menunjukan berapa kali sebuah barang dapat digunakan apakah sekali , dua kali , atau beberapa kali atau sekian banyak kali . selain itu penggolongan tersebut juga menunjukan kongkrit – tidaknya suatu barang, sehingga barang – barang di bagi ke dalam : (1) Barang tahan lama (2) barang tidak tahan lama (3) jasa
 Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian oleh si pemakai
Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian oleh si pemakai ini banyak digunakan karena sangat praktis, dalam hal ini , barang dapat digolongkan kedalam 2 jenis , yaitu: (1) barang konsumsi (2) barang industri
 Siklus kehidupan barang ( product life cycle )
Seperti halnya manusia, barang juga memiliki siklus kehidupan yang terdiri atas beberapa tahap sejak barang diperkenalkan sampai tidak lagi ; ini disebut siklus kehidupan barang
Tahapan – tahapan tersebut adalah :
1) Tahap perkenalan
2) Tahap pertumbuhan
3) Tahap kedewasaan dan kejenuhan
4) Tahap kemunduran
 Merk
Merk atau brand adalah tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual untuk membedakannya dari barang – barang yang di hasilkan oleh pesaing
 Saluran pemasaran
 Pengertian saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen.
Lembaga – lembaga yang ikut mengambil bagian dalam penyaluran adalah : produsen, perantara,dan konsumen akhir.
 Alternatif saluran distribusi untuk barang konsumsi dan barang industri
Suatu barang dapat berpindah melalui beberapa tangan sejak dari produsen sampai kekonsumen. Ada beberapa saluran distribusi yang dapat digunakan untuk menyalurkan barang – barang yang ada, baik melalui perantara maupun tidak
 Saluran distribusi ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi. Faktor – faktor tersebut antara lain :
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pasar yang dituju
 Perantara saluran
Dalam operasinya,perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran,seperti :
Penyimpanan , pengangkutan,dan sebagainya.
Adapun jenis – jenis perantara adalah :
1. Pedagang besar
2. Pengecer
3. Agen
 Jumlah perantara dalam saluran
Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang akan dipakai, masalah yang dihadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara untuk ditempatkan sebagai perantara pada tingkat perdagangan besar / pedagangan eceran. Dalam hal ini, produsen mempunyai 3 alternatif yang dapat ditempuh , yaitu :
1. Distribusi intensif
2. Distribusi selektif
3. Distribisi eksklusif
 Distribusi fisik
Istilah distribusi fisik dipakai untuk menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat yang dapat dilakukan untuk memaksimumkan kesempatan pada volume penjualan yang menguntungkan. Bagi produsen kegiatan ditribusi fisik ini tidak hanya meliputi pemindahan barang jadi akhir proses produksi sampai ke konsumen akhir.tetapi juga menyangkut arus bahan baku dari suatu sumber sampai pada kahir proses produksi.
Pada pokoknya,2 masalah penting yang terdapat dalam kegiatan ditribusi fisik ini adalah :
• Pengangkutan
• penyimpanan
 PENENTUAN HARGA
 ARTI DAN PENTINGNYA HARGA
Dalam perekonomian sekarang ini, pertukaran/ jual beli tidak lagi dilakukan dengan cara ‘barter.’ Tetapi dilakukan dengan cara membayar dengan suatu alat yang dapat disebut juga dengan uang,kadang – kadang uang juga bisa dikatakan dengan sejumlah nilai tukar.penjual akan menerima uang dari pembeli dan sebaliknya pembeli juga memberikan sejumlah uang kepada penjual.
 Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat harga
Dalam kenyataan, tingkat harga yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti :
1. Kondisi perekonomian
2. Penawaran dan permintaan
3. Elastisitas permintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan manajer
7. Pengawasan pemerintah
 Metode – metode penetapan harga
Ada 2 pendekatan pokok dalam penentuan harga jual, yaitu :
1. Pendekatan biaya ( penetapan biaya plus.penetapan harga markup dan penetapan harga breakeven )
2. Pendekatan pasar / persaingan
 Politik penetapan harga
Penetapan harga bagi perusahaan yang besar sering melibatkan beberapa manajer, yaitu:
Manajer produk, Manajer penjualan,dan manajer lain 4 politik penentapan harga adalah :
1. Penetapan harga psikhologis
2. Price lining
3. Potongan harga
4. Penetapan harga geografis

 PROMOSI DAN PERIKLANAN
 Promosi
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.promosi juga sering diktakan ‘’ proses berlanjut ‘’
Promosi dipandang sebagai :
Arus informasi atau persuasi satu – arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
• Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non- individu.dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan,lembaga non laba,serta individu – individu
Adapun masalah – masalah selanjutnya yang akan dibahas disini adalah
o Tujuan periklanan
o Jenis periklanan
o Media periklanan
o Biro periklanan
 PERSONAL SELLING,PROMOSI PENJUALAN,DAN PUBLISITAS
• Personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka ditunjukan untuk menciptakan,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan dengan pihak lain.
Permasalahan yang akan dibahas dalam personal salling adalah
o Proses personal selling
o Jenis tugas penjualan dan salesman.
• promosi penjualan
promosi penjualan ini merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama – sama menggunakan kata ‘’promosi‘’ promosi penjualan adalah salah satu kegiatan dalam promosi.dalam promosi penjualan ini perusahaan menggunakan alat – alat seperti : peragaan,pameran,demonstrasi,hadiah,contoh barang,dan sebagainya

• publisitas
publisitas sama dengan periklanan,publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.namum informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berita,hal ini dapat kita jumpai dalam media – media seperti surat kabar,majalah,televise dan sebagainya.biasanya,individu atau lembaga yang mempublisitaskan tidak mengeluarkan biaya dan tidak dapat mengawasi beritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar